Informasi

Tips Membuat Resume di Website untuk Membuat CV Online

Cara Membuat Akta Kematian, Ini Persyaratannya

Curriculum Vitae atau yang biasa disebut dengan CV merupakan salah satu syarat yang tidak boleh terlewatkan ketika akan melamar pekerjaan. Membuat CV saat ini juga sudah sangat mudah dengan memanfaatkan banyak layanan digital salah satunya yaitu website untuk membuat CV online. CV harus dibuat secara menarik serta memberikan informasi yang lengkap. Pasalnya, CV atau resume akan memudahkan pimpinan perusahaan melihat diri Anda. Sehingga saat pembuatan resume tidak asal untuk dilakukan. Lantas, apa sajakah isi dari resume atau curriculum vitae supaya menarik dan dilirik oleh pimpinan perusahaan? Berikut ini adalah hal-hal yang harus dicantumkan saat pembuatan resume.

Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Curriculum Vitae

Membuat CV yang baik dan benar yaitu dengan mencantumkan informasi data diri Anda secara lengkap. Dalam membuat CV juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya resume Anda terlihat lebih berkualitas dan dilirik oleh pimpinan perusahaan. Ada beberapa hal penting yang sangat mempengaruhi dalam membuat CV atau resume.

  • Mencantumkan Data Diri yang Penting

Curriculum Vitae merupakan salah satu dokumen yang digunakan untuk memperkenalkan diri Anda ketika akan melamar pekerjaan. Bagi Anda para job seeker wajib mencantumkan data diri yang secukupnya saja pada resume Anda. Meskipun resume berisikan data diri, Anda tidak bisa mencantumkan seluruh data diri Anda secara berlebihan di resume. Anda cukup mencantumkan data diri yang penting saja. Beberapa data diri yang bisa Anda cantumkan yaitu mulai dari nama, nomor telepon, email, alamat hingga pengalaman kerja dan pendidikan terakhir Anda. Pada mencantumkan riwayat pendidikan, Anda cukup mencantumkan jenjang pendidikan terakhir saja dan tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan dari SD hingga jenjang terkahir.

  • Detail Pengalaman

Selain mencantumkan data diri secukupnya terutama bagian yang penting saja, Anda juga bisa mencantumkan detail pengalaman. Detail pengalaman bisa Anda tulis baik berupa pengalaman kerja hingga pengalaman ketika mengisi waktu kosong sebelum mendapatkan pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan oleh fresh graduate yang belum mendapatkan pekerjaan dan memulai untuk mengisi waktu dengan mengikuti berbagai macam kegiatan. Contohnya saja, Anda mengikuti sebuah komunitas dan menjadi volunteer hingga menambah pengalaman dengan mengikuti pelatihan khusus sebelum bekerja. Hal ini bisa Anda jelaskan secara singkat, padat dan jelas pada resume.

  • Tulis Secara Singkat, Padat dan Jelas

Pada dasarnya, ada banyak cara untuk membuat resume Anda menjadi lebih menarik. Salah satunya yaitu dengan menulis resume secara singkat, padat dan jelas. HRD atau pimpinan akan sangat menyukai curriculum vitae yang ditulis secara singkat namun informasi yang ada tersampaikan dengan baik. Misalnya saja, bagi Anda yang memiliki banyak pegalaman pekerjaan sehingga tidak mencukupi pada kolom detail pengalaman, Anda bisa menuliskan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang hendak Anda lamar. Menjelaskan detail pengalaman dan informasi mengenai diri Anda secara singkat, padat serta jelas akan memberikan nilai plus pada resume Anda.

Nah, beberapa hal diatas merupakan hal-hal yang penting diperhatikan ketika para job seeker hendak membuat CV. Dengan membuat CV atau resume yang bagus serta informative, hal tersebut akan memberikan nilai plus pada diri Anda dan pimpinan perusahaan pun akan melirik CV yang Anda buat. Pastikan ketika hendak mengirimkan curriculum vitae atau data diri Anda ke perusahaan yang dilamar, alamat sudah ditulis dengan benar serta menyebutkan posisi yang Anda lamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =