Bisnis dan Keuangan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Ketika mendengar kata cicilan tanpa kartu kredit, yang terlintas di kepala kita mungkin kemudahan dan kecepatannya dalam memberikan akses kredit. Hal tersebut memang benar adanya, namun bukan berarti cicilan tanpa kartu kredit tidak memiliki regulasi yang harus dipahami sebelum digunakan. 

Sama dengan fasilitas kredit lain, terutama kartu kredit yang lebih “sepuh”, cicilan tanpa kartu kredit hadir untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Bukan hanya itu, layanan ini memang ditujukan bagi calon konsumen yang belum memiliki kartu kredit atau memiliki akses ke bank. Jika tertarik menggunakan layanan ini, kita sangat dianjurkan untuk mau membaca dan memahami alur kerja cicilan tanpa kartu kredit dengan jelas. 

Biasanya informasi tersebut tertera dan bisa dengan mudah ditemukan di aplikasi atau situs cicilan tanpa kartu kredit yang kredibel seperti Kredivo. Mulai dari aturan suku bunga, pengambilan kredit, syarat daftar, dan lain sebagainya. 

Selain yang tertera secara resmi pada aplikasi atau situs, ada juga beberapa aturan tidak tertulis lain yang perlu dipahami dan dipertimbangkan ketika menggunakan cicilan tanpa kartu kredit, yaitu:

Memberikan akses login akunmu kepada orang lain

Karena berbasis online, akses cicilan tanpa kartu kredit umumnya berbentuk username/email dan password untuk login ke aplikasi maupun website. Penting untuk diketahui bahwa akses login tersebut TIDAK BOLEH diberikan atau diketahui oleh pihak lain selain dirimu sendiri. Sebab, apabila kamu secara sadar memberikan akses login tersebut kepada orang lain meskipun itu orang yang kamu kenal baik, bisa dibilang akunmu akan memiliki peluang disalahgunakan atau tidak aman. 

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah adanya oknum yang mengatasnamakan call center dari layanan cicilan tanpa kartu kreditmu yang kemudian meminta data untuk keperluan verifikasi dan lain sebagainya. Penting juga untuk diingat bahwa call center atau pihak fintech tidak akan meminta akses loginmu untuk melakukan verifikasi atau pengecekan data dan transaksi. Jika menemui hal tersebut, bisa dipastikan itu adalah bentuk penipuan. 

Mengambil lebih dari 1 cicilan dalam waktu bersamaan

Aturan tidak tertulis yang satu ini mungkin yang paling sering tidak dipahami orang. Memiliki akses kredit memang sangat memudahkan, tetapi tidak bisa digunakan semaunya. Seperti halnya mengambil lebih dari satu cicilan dalam waktu bersamaan. Selain bisa membebani keuangan dengan cukup berat, ini juga bisa membuat skor kreditmu menjadi menurun sebab mengambil dua cicilan dalam 1 waktu terbilang cukup berisiko. 

Demi keamanan kondisi keuangan dan skor kreditmu, prioritaskan pengambilan cicilan untuk barang atau kebutuhan yang sangat penting. Tunggu hingga tenornya setengah berjalan atau kalau perlu sampai lunas, baru ambil cicilan baru. 

Mengambil cicilan untuk orang lain dengan namamu

Misalnya, kamu punya akun Kredivo dengan limit Rp 20 jutaan. Tapi, saat ini kamu sedang tidak memiliki cicilan atau transaksi apa pun. Kemudian, ada teman atau kerabatmu yang tahu kamu punya akses kredit. Lalu, ia meminta bantuanmu untuk mengambilkan kredit 1 unit smartphone untuk kebutuhannya lewat akses kreditmu di Kredivo. Dia berjanji akan membayar angsurannya secara rutin per bulan kepada kamu hingga lunas. 

Jika ada dalam situasi tersebut, penting untuk dipahami bahwa apabila kamu memutuskan untuk mengiyakan atau menolongnya, kredit yang kamu ambil secara resmi adalah kredit atas nama dirimu sendiri. Bukan orang tersebut. Otomatis, jika sewaktu-waktu orang tersebut tidak memenuhi janji atau kewajibannya membayar angsuran kepada kamu, maka kamu tetap harus menanggung angsuran per bulan yang sudah terlanjur berjalan. Akibatnya, bukan hanya finansial yang dikorbankan, tetapi juga kepercayaan dan hubungan pertemanan/kolega. 

Jadi, pikirkan matang-matang sebelum kamu mengambil keputusan. Ada baiknya, jika menemui kondisi tersebut, kamu bisa menyarankan orang terkait untuk daftar dan memiliki akun cicilan tanpa kartu kredit dengan namanya sendiri. Ini akan membuat semuanya menjadi lebih aman. 

Tidak mengecek tanggal jatuh tempo pembayaran secara rutin tiap bulan

Ada kalanya, karena sibuk beraktivitas, kita jadi jarang mengecek email atau notifikasi di HP. Padahal, email dan notifikasi dari aplikasi adalah dua dari channel pengingat pembayaran yang kerap digunakan oleh layanan cicilan tanpa kartu kredit. Karena nggak tau ada pengingat jatuh tempo, pembayaran jadi terlewat. Otomatis, kamu harus bayar denda keterlambatan atau yang terburuk akunmu berpotensi diblokir. Supaya ini nggak terjadi, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan reminder aplikasi dan mengecek email secara berkala, ya. 

Menguninstall aplikasi cicilan tanpa kartu kredit sebelum cicilan lunas

Menguninstall aplikasi cicilan tanpa kartu kredit yang masih ada histori transaksi berjalan/belum lunas, tentu saja tidak otomatis akan menghapus data transaksimu atau mengubahnya menjadi lunas. Justru, ini akan merepotkan kamu untuk mengecek sisa cicilan dan jatuh tempo pembayaran angsuran setiap bulannya. 

Terlebih, meski kamu sudah uninstall aplikasi, kamu tetap akan dihubungi oleh pihak cicilan tanpa kartu kredit jika terjadi keterlambatan pembayaran. Maka dari itu, penting untuk diingat bahwa kamu harus berkomitmen melunasi cicilan yang sudah diambil hingga tuntas. 

Kredivo: Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Direkomendasikan di Tahun 2021

Jika sudah memahami dengan baik hal-hal di atas, kamu bisa mulai daftar akun cicilan tanpa kartu kredit. Di tahun 2021, ada Kredivo, aplikasi kredit online yang cukup populer karena berbagai kelebihannya. 

Pertama, dengan Kredivo, cicilan kamu ambil tidak memerlukan DP. Ditambah, suku bunga Kredivo juga lebih rendah dibanding fintech sejenisnya, yaitu 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan. Tersedia juga program cicilan 0% untuk tenor 3/6 bulan dan opsi pembayaran pay later tanpa bunga dalam waktu 30 hari. 

Kedua, limit kredit yang ditawarkan Kredivo cukup fantastis, maksimal s.d Rp 30 juta dan bisa digunakan di ribuan merchant rekanannya. Ada Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, McDonald, Alfamart dan masih banyak lagi. 

Ketiga, syarat dan cara daftar akun Kredivo sangat mudah. Jika kamu merupakan (1) WNI berusia 18 sampai 60 tahun; (2) Sudah memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan; dan (3) Berdomisili atau tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri, maka kamu sudah memenuhi kriteria untuk daftar akun Kredivo. 

Gimana, tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + five =