Otomotif

Begini Cara Memperpanjang SIM Secara Online

aplikasi sinar

Seiring dengan perkembangan teknologi gadget dan internet yang semakin canggih, berbagai aktivitas pun dapat kita lakukan dengan mudah melalui online. Ya, salah satunya dalam urusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Saat ini sudah tersedia layanan perpanjangan SIM via online pada aplikasi Digital korlantas Polri. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa masa berlaku SIM itu berdurasi 5 tahun terhitung dari tanggal penerbitan.

Apabila masa berlakunya sudah habis, maka si pemilik SIM wajib melakukan perpanjangan. Menurut informasi yang didapat, SIM bisa diperpanjang 90 hari sebelum tanggal masa berlaku SIM berakhir.

Dengan kata lain, SIM yang sudah habis masa berlakunya tidak bisa diperpanjang sehingga diharuskan untuk membuat SIM yang baru. Tanpa adanya SIM, tentu saja kita tidak akan tenang selama berpergian menggunakan kendaraan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara perpanjang SIM online, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Melakukan Registrasi

Ketika kamu sudah masuk ke dalam aplikasi Digital Korlantas Polri, silahkan lakukan registrasi terlebih dulu. Dalam hal ini, kamu harus memasukkan nomor hp yang akan dikirimkan kode OTP, kemudian akan dimasukkan ke dalam kolom registrasi.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan NIK dan nama lengkap yang sesuai di KTP. Selanjutnya akan diunggah untuk diverifikasi menggunakan face recognition. Apabila berhasil, kamu pun akan diminta untuk memasukkan data diri seperti nama lengkap, nomor hp, dan alamat e-mail.

2. Syarat Memperpanjang SIM Online

Perlu kamu ketahui, pada aplikasi Digital Korlantas Polri tersebut sudah tersedia beberapa menu untuk mempermudah si pengguna. Menu pertama yang bisa kamu pilih, yakni menu SINAR untuk melakukan perpanjangan SIM.

Nantinya kamu akan diminta untuk memenuhi berbagai persyaratan dan dokumen yang diharuskan seperti berikut :

  • Foto fisik E-KTP
  • Foto fisik SIM
  • Foto tanda tangan di atas kertas putih
  • Pas foto

Selain itu, terdapat persyaratan upload pas foto yang harus dipenuhi seperti di bawah ini :

  • Menggunakan latar belakang (background) berwarna biru dengan resolusi 480 x 649 pixel
  • Tidak menggunakan kacamata
  • Tidak menggunakan hijab yang berwarna biru (boleh menggunakan hijab selain warna biru)
  • Tidak menggunakan berbagai aksesoris penutup kepala
  • Foto wajah menghadap ke depan

Setelah persyaratan diatas terpenuhi, kamu pun bisa melakukan pengecekan kesehatan jasmani pada website erikkes.id atau aplikasi e-Rikkes dan tes psikologi melalui aplikasi epPsi. Kemudian lakukan proses registrasi, berifikasi, dan cek kesehatan ada kedua aplikasi tadi.

Nantinya hasil tes akan disambungkan ke aplikasi Digital Korlantas Polri yang dikenai biaya, sehingga dokter akan melakukan update hasil kesehatanmu. Jika kamu telah memenuhi syarat, maka hasil teshnya akan dikirim secara otomatis pada aplikasinya.

Jika tidak memenuhi syarat, tentu saja kamu tidak bisa melanjutkan perpanjangan SIM online.

Berapa Biaya Perpanjang SIM A dan SIM C…?

Pada peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016, yang menyebutkan tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Adapun mengenai jumlah biaya pada perpanjangan SIM A dan SIM C seperti berikut :

  • Biaya Perpanjangan SIM A : Rp 80.000
  • Biaya Perpanjangan SIM C : Rp 75.000

Nah, seperti itulah beberapa cara serta persyaratan untuk perpanjang SIM online, sehingga bisa kamu jadikan sebagai penambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =