Resep dan Kuliner

Tokoh-Tokoh Ini Akui Keistimewaan Kopi Luwak dari Indonesia

Seperti sebuah revolusi, nama kopi luwak menjadi buah bibir di mana-mana. Mulai dari kalangan masyarakat luas hingga publik figur papan atas. Dengan adanya testimoni tersebut, secara otomatis pamor kopi luwak semakin meningkat. Siapa saja tokoh terkenal yang buka suara terkait keistimewaan kopi luwak. Simak beberapa uraian berikut ini.

1. Kevin Rudd

Pertemuan Kevin Rudd dengan kopi luwak terjadi pada tahun 2010. Tepatnya dipertemukan oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Kevin Rudd begitu populer di Australia saat itu, sebab dia termasuk politisi yang sangat penting. Sejak tahun 2007 hingga tahun 2010, Kevin menjabat sebagai Perdana Menteri Australia.

Bahkan pada tahun 1998 yang lalu, Kevin juga pernah menjadi anggota dari Australian House of Representatives. Kiprahnya yang cukup panjang membuat namanya sangat disegani di daratan Negeri Kanguru. Kevin sangat terkesan dengan rasa kopi luwak yang istimewa. Berkat dirinya, masyarakat Australia jadi sering mengimpor kopi luwak dari Indonesia.

2. Oprah Winfrey

Tanpa wanita luar biasa ini, mungkin nama kopi luwak hanya dikenal di Indonesia saja. Maklum, Oprah Winfrey merupakan bintang dari acara talkshow bertajuk The Oprah Winfrey Show. Kalau disejajarkan di Indonesia, mirip dengan apa yang dilakukan oleh Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa. Kegiatannya menghadirkan politisi sebagai narasumber.

Tapi tidak itu saja. Kadang-kadang juga memuat topik tentang tema lainnya, seperti sosial. Dalam acara tersebut memang membahas tentang “Amazing World Record”. Nah, salah satunya membahas tentang kopi luwak yang memiliki harga jauh di atas rata-rata. Oprah pun mengakui kelezatan dan cita-rasa yang dimiliki oleh kopi luwak Indonesia.

3. Jack Nichson

Platformnya berbeda dengan Oprah Winfrey. Kalau di acara Oprah, kopi luwak dibawakan dalam suasana talk show, sedangkan apa yang dialami oleh Jack Nichson terjadi pada waktu melakoni film The Bucket List. Siapa yang tidak kenal dengan pemeran Joker pada film Batman 1989 ini? Sudah banyak sekali film terkenal yang dimainkan oleh Jack Nichson.

Dalam film The Bucket List, peran Jack Nichson dibarengi oleh aktor kawakan lainnya bernama Morgan Freeman. Mereka berdua berperan sebagai seorang pasien di rumah sakit yang menderita penyakit serius. Di tengah-tengah momen tersebut, nama kopi luwak muncul dalam percakapan keduanya. Jack menyebut, bahwa kopi luwak Sumatera sangat lezat.

4. Matthew K. Rose

Suksesor atau CEO perusahaan Burlington Notrthern Santa Fe juga mengakui keistimewaan kopi luwak khas Indonesia. Khususnya yang diproduksi di daratan Gayo. Namanya mulai dikenal sejak tahun 2013, saat spekulasinya memiliki tingkat akurasi yang bisa disejajarkan dengan Warren Buffet. Dia juga menjadi anggota dari Lambda Chi Alpha.

Matt dan beberapa partnernya sudah memiliki sekitar 40 petani kopi. Dengan kata lain, dia juga memiliki perkebunan sendiri berhektar-hektar luasnya. Lokasinya berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Sebagai orang yang sangat akrab dengan dunia kopi, Matthew sangat terkesan dengan kopi luwak Sumatera. Rasanya tidak bisa ditiru, katanya.

5. Andrew Gross

Menurut Andrew Gross, faktor penyebab kopi luwak sangat mahal karena aromanya unik. Kemudian popularitasnya ditambah berkat adanya tren dan kisah sejarah kopi luwak itu sendiri. Meskipun begitu, dia juga tidak menyangkal soal nikmatnya kopi luwak asal Indonesia. Selama ini Andrew terkenal sebagai pakar pamanggangan biji kopi apa pun.

Dunia sudah mengangkat suara soal kopi luwak. Apakah Anda ingin angkat suara juga? Cobalah sekali-kali mencicipi lezatnya ikon kopi Indonesia ini. Tentunya beli di Indonesia, sebab harganya masih cukup murah dibandingkan pasar internasional. Namun, tetap saja kopi luwak asli ini di bandrol harga ratusan ribu. Dari segi harga dan rasa, tentu berbeda dengan kopi luwak palsu yang bisa Anda temukan di berbagai warung kelontongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *