Peralatan Rumah

Terapkan Cara Berikut Untuk Merawat AC Anda


Pengetahuan merawatv AC untuk sebagian orang menjadi keahlian pribadi yang mungkin perlu dimilikinya. Pasalnya dengan tahu cara merawat AC yang benar dan tepat, maka AC rumah kita akan lebih awet tahan lama. Dan juga mencegah terjadinya kerusakan yang fatal. Jika terjadi kerusakan pada AC yang kita miliki, maka kita harus mendatangkan jasa service ac yang mana jasa tersebut tentunya tidak murah. Apalagi bagi anda yang tinggal dijakarta terutama Jakarta pusat, hampir rata-rata jasa service ac Jakarta pusat memiliki harga yang tidak jauh berbeda.

Nah salah satu untuk mencegah tersebut, maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana sih cara yang mudah dan tepat untuk merawat ac sendiri. Bagi seseorang yang belum tahu tentu akan beranggapan bahwa perawatan tersebut ribet bahkan terbilang sulit, tapi sebenarnya tidak terlalu rumit.

Berikut Cara-caranya :

  • Hindari Mengatur Suhu Thermostat Terlalu Rendah

Suhu thermostat ini memiliki beberapa fungsi didalam AC, seperti sebagai otomatisasi sebagai pelindung dan pencegah supaya ruangan rumah anda tidak terlalu dingin sekali. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi AC itu sendiri, supaya tidak bekerja terlalu over atau berlebihan.

  • Lakukan Secara Rutin Pembersihan Saringan Udara

Salah satu faktor yang menyebabkan suplay udara AC berkurang adalah tersumbatnya saringan udara oleh kotoran seperti debu dan sebagainya. Oleh sebab itu lakukanlah secara rutin dan berkala untuk membersihkan bagian saringan ini. Jika kondisi saringan dibiarkan lama dengan keadaan kotor, maka yang terjadi malah akan membuat sebagian debu masuk kedalam evaporator.

  • Bersihkanlah Evaporator Secara Rutin

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membersihkan bagian evaporator ini adalah dengan menggunakan penyedot debu. Arahkanlah penyedot debu atau vacuum cleaner kearah evaporator secara bolak-balik dan jangan menekan bagian sirip evaporator, karena bagian ini cukup sensitive.

  • Membersihkan Kipas

Manfaat yang akan didapat jika anda sering melakukan pembersihan pada bagian kipas ac adalah sirkulasi udara akan membaik dan kinerja AC jauh lebih ringan dan cepat ketika akan mendinginkan ruangan-ruangan anda.

Dengan mengetahui cara merawat ac, diharapkan anda mampu merawat ac supaya terhindar dari kerusakan. Dan terhindar juga dari kerusakan. Apabila sudah terjadi kerusakan, maka mau tidak mau kita harus menyewa jasa service ac. Mungkin bagi anda yang berada didaerah Jakarta pusat akan sangat mudah mendapatkan jasa service ac Jakarta pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *