Teknologi

Mitos Linux Yang Harus Kamu Ketahui


Mitos merupakan suatu kepercayaan terhadap sesuatu namun tidak sepenuhnya yang dipercaya tersebut benar bahkan cenderung salah. Mitos sering dikaitkan dengan kejadian-kejadian masa dulu. Namun mitos tidak hanya terjadi pada sesuatu yang menjadi kepercayaan masyarakat seperti dongeng atau tradisi. Mitos juga bisa terjadi terhadap segala sesuatu seperti contohnya mitos yang akan saya share kali ini yaitu mitos linux.

Mitos linux merupakan sesuatu yang sering kita dengar mengenai linux namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Linux sendiri merupakan salah satu sistem operasi komputer open source. Keberadaan linux memang tidak sepopular windows dan macos. Tetapi sebenarnya linux sangat powerfull jika digunakan sebagai server. Pengguna linux yang sangat sedikit, terkadang disebabkan karena adanya mitos linux yang beredar dan mereka dengar secara berulang kali. Sehingga seiring berjalannya waktu mereka menganggap bahwa mitos linux tersebut benar adanya.

Berikut daftar Mitos Linux yang harus kamu ketahui :

  1. Ketika menggunakan linux berarti harus menghapus windows

Jika kamu pernah mendengar mitos linux yang satu ini, maka dipastikan hal tersebut salah. Jika kamu menggunakan linux bukan berarti kamu harus menghapus atau menyingkirkan windows dari komputer yang kamu miliki ya. Kamu tetap bisa menggunakan windows meskipun menjadikan linux sebagai sistem operasi komputermu. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, seperti live media, multiple boot, wubi dan virtualisasi.

  1. linux tidak memilik game

Jumlah game yang tersedia dilinux memang tidak sebanyak windows tapi bukan berarti tidak ada game sama sekali ya. Kamu bisa memainkan berbagai macam game yang support dilinux, terlebih lagi sekarang ini ada pengembang distro yang memfokuskan distronya untuk para pecinta game. Jika memang hal tersebut dirasa masih kurang untuk memuaskan hasrat kamu untuk bermain game, kamu bisa install wine dilinux dimana aplikas wine tersebut bisa menjadikan linux kamu support dengan berbagai macam game windows.

  1. Tidak ada virus yang menyerang linux

Ini dia salah satu mitos linux yang sering kita dengar yaitu katanya tidak ada virus yang menyerang linux. Segala buatan manusia tidak ada yang sempurna, tidak terkecuali sistem operasi linux. Memang benar linux kebal terhadap virus windows tapi bukan berarti linux bebas virus ya. Meskipun sangat sedikit jenis virus yang menyerang linux, tapi bukan berarti tidak ada. Keberadaan linux yang tidak sepopular windows menjadi salah penyebab kenapa tidak banyak virus yang diciptakan untuk menyerang linux. Seorang hacker tentu akan menyerang sebuah sistem operasi yang terpopular untuk mendapatkan keuntungan, menjadi hal mungkin jika suatu saat nanti linux menjadi sistem operasi nomor 1 dunia. linux akan menjadi sasaran utama berbagai macam virus.

Nah itu dia beberapa mitos linux yang perlu teman-teman ketahuai. Semua yang kita dengar tentang linux tidak sepenuhnya benar. Oleh sebab itu artikel ini diharapkan bisa memberikan sedikit informasi yang tepat mengenai linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *