Kesehatan

Menilik Penyakit yang Sering Terjadi Pada Darah Manusia


Darah merupakan cairan yang mengisi tubuh manusia dan terdiri dari berbagai sel darah dengan berbagai manfaatnya. Memiliki darah yang sehat merupakan hal yang penting karena darah sendiri memiliki fungsi yang sangat vital. Darah berfungsi untuk mengalirkan oksigen, sari makanan dan mengangkut zat sampah untuk disaring dan dikeluarkan. Darah juga merupakan cairan antibody yang bisa mengatasi penyakit infeksi tanpa menimbulkan gejala. Namun jika darah manusia tersebut berada dalam kondisi tidak sehat baik karena kelainan, berkurangnya volume hingga penyakit tertentu, maka metabolisme manusia bisa mengalami gangguan.

Ada beberapa penyakit yang bisa terjadi pada darah manusia baik yang umum maupun yang khusus dan gawat. Salah satunya adalah demam berdarah yaitu penyakit infeksi akibat gigitan nyamuk aedes aegepty. Demam berdarah membuat kadar trombosit darah menjadi turun drastis yang bisa menyebabkan pasien mengalami pendarahan dalam dan diare dengan darah. Jika tak segera diatasi maka pasien bisa kehilangan nyawanya akibat kondisi darah yang tidak normal. Untuk itu penanganan kasus demam berdarah yang utama adalah dengan mengembalikan kadar trombosit menjadi normal kembali. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah bisa dilakukan dengan transfusi darah agar lebih cepat teratasi, bisa juga dengan mengkonsumsi makanan dengan khasiat menambah kadar trombosit bila pasien tidak mengalami penurunan trombosit yang terlalu parah.

Penyakit yang bisa mempengaruhi darah lainnya adalah anemia. Anemia adalah kondisi dimana volume darah berkurang terutama kadar hemoglobin darah sehingga menyebabkan badan pasien mengalami lemas, lesu, pucat dan tidak bergairah. Ciri lain yang lebih signifikan adalah pucatnya kelopak mata bawah. Meski anemia sering dianggap sebagai penyakit yang ringan, namun jika terjadi pada ibu hamil maka akibatnya bisa sangat fatal. Untuk mengobatinya diperlukan suplemen zat besi yang dapat menjadi katalisator produksi sel darah merah untuk mengatasi anemia. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini menjadikan zat besi sebagai suplemen wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi dan hemoglobin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *