Bisnis dan Keuangan

Manfaat Sedekah Wajib Untuk Diketahui Dan Harus Selalu Senantiasa Dibiasakan

Tentunya kita saat ii mengenal bahwa segala aspek mengalami perkembangan zaman yang cukup cepat hal ini pastinya diakibatkan dari dampak perkembangan teknologi yang tak terkecuali yaitu zakat fitrah online yang akan memudahkan dan memfasilitasi kita dalam melaksanakan rukun islam yang ke 3. Ada juga yang harus kita ketahui sebagai orang islam yaitu  mengenai betapa pentingnya sedekah dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya ini harus selau dibiasakan dan oleh sebab itu tidak boleh anda lewatkan serta tinggalkan pastinya. Oleh karena itu tanpa berlama-lama dan berbelit berikut ini adalah beberapa manfaat dari aktivitas sedekah yang tentunya sangat wajib untuk diketahui dan harus senantiasa dibiasakan yaitu diantaranya sebagai berikut:

Dapat Menghapuskan Kita Dari Dosa

Pastinya yang harus anda ketahui dari salah satunya fungsi dari sedekah yaitu jika anda melakukanya niat karena Allah SWT tanpa mengharapkan apapun kecuali ridha Allah SWT maka insya allah lewat sedekah ini dapat mengugurkan dosa kita. Karena sudah barang tentu pasti kita terlahir sebagai manusia tidak terlepas dari yang namanya salah baik disengaja maupun tidak disengaja karena kita tahu bahwa manusia adalah tempatnya lupa dan khila dari yang namanya dosa. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW pernah bersabda yaitu “ Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”.(HR.At-Tirmidzi) tentunya dengan mendengar ungkapan ini setidaknya dapat menjadi pengugur dosa-dosa kita dan memotivasi untuk selalu senantiasa melakukan aktivitas yang mulia ini. Dimana tentu kita pun sangat mengetahui dan mengerti bahwa dengan adanya aktivitas sedekah ini merupakan cara mudah dan praktis dari Allah SWT agar kita dapat mengikis perbuatan dosa-dosa serta kesalahan yang pernah kita buat. Ada salah satu contoh yang sangat kecil dan mudah untuk dilakukan siapa saja dan kapan saja dimana saja yaitu dengan melakukan senyuman merupakan salah satu contoh sedekah yang paling murah dan mudah pastinya yaitu dengan memeberikan aura positif di sekitar kita lewat ukiran garis senyum bibir kita yang diperlihatkan.

Bersedekah Bisa Dalam Bentuk Apa Saja

Terkadang kita selalu dirindung rasa galau kebingungan yang akut karena merasa pusing sedekah apa yang bisa diberikan kepada lingkungan sekitar jangan khawatir pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bentuk-bentuk konkret dalam memberikan sedekah tidak harus mesti dengan uang saja. Nabi Muhammada SAW bersabda:”Kamu menyingkirkan batu , duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR.Bukhari). Tentunya dalam hadits ini menjelaskan dan menggambarkan betapa hebat dan mulianya islam memuliakan para penganutnya pastinya kita harus merasa bangga dan tidak boleh merasa minder atau pun tersisihkan hingga terabaikan. Karena memang sudah terbukti dengan jelas dan nyata bahwa agama islam adalah rahmatan lil alamin sangat cocok untuk semua kalangan karena tidak mengenal, suku, ras, budaya, asal kelahiran, bahasa, status sosial, status strata pendidikan, status ekonomi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu intinya jika anda sebagai muslim tidak perlu minder dan khawatir jika ingin melakukan aktivitas sedekah tanpa memiliki uang bisa saja dengan senyuman yang anda berikan, menyingkirkan batu duri dan tulang , paku agar nantinya tidak terinjak, bisa juga dengan membersihkan musholla dan masjid. Oleh karena itu juga mumpung kita masih diberi waktu dan umur segeralah biasakan diri untuk melakukan sedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *