Kesehatan

Manfaat Nanas Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

manfaat buah nanas bagi tubuh

Buah yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi ini sering kita temui di pasaran. Nanas sering diolah menjadi berbagai hidangan seperti rujak, salad, dan sebagai tambahan bahan masakan.  Nanas memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas :

  1. Membuat tubuh memiliki sistem kekebalan yang kuat. Nanas memiliki kandungan bromelain yang bermanfaat sebagai zat anti kanker dan juga memperkuat sistem imun pada tubuh. Serta mencegah beberapa penyakit yang sering menyerang seperti batuk, flu, sakit tenggorokkan, dan lain-lain.
  2. Membuat tulang sehat dan kuat. Di dalam buah nanas terdapat kandungan magnesium dan kalium yang memiliki manfaat untuk memperkuat tulang sehingga tidak mudah rapuh.
  3. Mengurangi rasa nyeri. Kandungan bromelain pada nanas dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada otot terutama saat latihan olahraga.
  4. Menyehatkan dan melancarkan pencernaan. Nutrisi pada buah nanas dapat bermanfaat untuk mengatasi sembelit sehingga melancarkan pencernaan. Karena nanas memiliki serat yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain itu, meminum jus nanas setiap hari dapat meningkatkan fungsi usus. Tubuh juga akan rentan terhadap penyakit yang menyerang.
  5. Meredakan peradangan yang terjadi. Peradangan pada kulit seperti memar, keseleo, bengkak, dan lain-lain dapat diobati dengan buah nanas.
  6. Memberikan kesehatan pada jantung. Kinerja jantung dapat diperlancar dengan mengonsumsi buah nanas. Karena buah nanas kaya akan vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan vitamin C yang dikonsumsi oleh tubuh dapat mengurangi resiko terserangnya penyakit jantung coroner.
  7. Mempercepat penyembuhan luka. Buah nanas dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan jus nanas di sekitar bagian luka maka proses penyembuhan akan berlangsung cepat.
  8. Mengurangi resiko terserangnya asma. Buah nanas memiliki kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit asma. Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, masih banyak lagi manfaat nanas yang sangat baik untuk tubuh apabila dikonsumsi setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *