Bisnis dan Keuangan

Ketahui Tahapan Daftar NPWP Online Di Sini

Blog BukuKas - Memahami NPWP, Kegunaan NPWP, dan Cara Daftar NPWP Online

Cara daftar NPWP online yang benar bagaimana? Mungkin sebagian masyarakat masih ada yang asing mendengar istilah NPWP. Untuk itu, perlu Anda ketahui jika NPWP merupakan nomor identifikasi wajib pajak yang diberikan oleh Ditjen Pajak. NPWP wajib dimiliki oleh seluruh wajib pajak yang menerima penghasilan di Indonesia, sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang perpajakan. Bahkan sekarang untuk mempermudah Anda melaksanakan kewajiban perpajakan, Ditjen Pajak telah menyediakan berbagai sarana perpajakan secara online.

Dimana semua prosedur perpajakan dapat Anda lakukan secara online, salah satunya mendaftar NPWP online. Selain itu Anda juga bisa melakukan registrasi secara offline, dengan cara mendatangi Kantor Pelayanan Pajak atau KPP daerah setempat. Apabila Anda ingin mendaftar NPWP secara online yang benar dan simpel, sebaiknya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tahapan Daftar NPWP Online

Bagi Anda yang ingin mendaftar NPWP, ternyata sekarang tidak hanya bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak atau KPP saja. Dimana Anda juga bisa melakukan pendaftaran NPWP secara online. Walaupun cara daftar NPWP online dan offline berbeda, namun persyaratan yang wajib Anda lengkapi untuk mendaftar sama. Mungkin perbedaannya hanya pada beberapa tahapan mendaftar NPWP tersebut. Berikut beberapa tahapan mendaftar NPWP secara online yang wajib Anda ketahui.

  • Buat Akun di Ereg Pajak

Tahapan pertama mendaftar NPWP secara online adalah membuat akun terlebih dahulu, dengan mengakses website Ereg pajak. Website ini dibuat khusus oleh Ditjen Pajak untuk melayani pembuatan NPWP secara online. Dengan cara mengisi beberapa kolom yang sudah tersedia di website, jangan lupa memeriksa email Anda secara teliti. Kemudian klik tautan aktivasi yang telah dikirimkan melalui email, lalu ikuti beberapa langkahnya.

  • Lengkapi Dokumen Penting Sebagai Persyaratan

Untuk tahapan keduanya yaitu melengkapi berbagai dokumen penting sebagai persyaratan. Usahakan dokumen yang disertakan sesuai dengan klasifikasi status wajib pajak diri Anda, misalkan apakah Anda menjalankan usaha atau tidak.

  • Kirim Berkas Elektronik

Tahapan ketiga mendaftar NPWP adalah mengirim berkas elektronik tersebut. Apabila sudah selesai mengisi formulir, klik tombol token atau kode rahasia yang tertera pada dashboard. Setelah itu klik kirim permohonan, apabila sudah disetujui kartu NPWP Anda akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal terdaftar. Jika Anda tetap belum mendapatkan kartu NPWP tersebut, kemungkinan ada beberapa dokumen yang belum dilengkapi atau dianggap tidak sah.

Setelah mengetahui beberapa tahapan daftar NPWP online pada ulasan diatas. Sebagai warga negara yang baik pastinya Anda tidak ingin telat dalam membayar kewajiban ke negara. Sekarang untuk mengantisipasi hal tersebut Anda bisa menggunakan aplikasi digital BukuKas yang bisa di download secara gratis di PlayStore. Dimana aplikasi ini dapat mempermudah Anda dalam mencatat utang piutang keuangan usaha secara efektif. Jadi Anda bisa dengan mudah mengetahui besaran NPWP yang menjadi kewajiban untuk dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *