Kesehatan

Inilah Fungsi-fungsi Otak Manusia Yang Jarang Diketahui Orang-orang

Sebagian besar masyarakat kita banyak yang beranggapan bahwa otak hanya berfungsi untuk berfikir saja. Ya, anggapan tersebut memang benar adanya. Namun perlu kamu ketahui, bahwa masih banyak lagi fungsi lain dari otak yang jarang dipublikasikan. Pada dasarnya, otak adalah salah satu organ yang sangat vital didalam tubuh manusia. Selain itu, otak juga merupakan pusat koordinasi yang mengatur segala aktifitas manusia. Berdasarkan dari sumber informasi yang didapat, ternyata otak memiliki volume sekitar 1.350 Cc yang mengandung ratusan juta neuron alias sel syaraf. Dengan jumlah neuron yang sebanyak itu, tak heran jika otak dapat memberikan semua informasi kebagian tubuh serta dapat mengatur semua gerak-gerik tubuh manusia.

Otak Manusia Terbelah Menjadi 2 Bagian :

  1. Belahan Otak Kanan

Perlu kamu ingat, bahwa otak kanan bertugas untuk mengontrol semua aktifitas tubuh bagian kiri. Selain itu, belahan otak kanan sangat erat kaitannya dengan kemampuan kreatifitas seseorang. Dengan kata lain, para seniman-seniman kelas dunia lebih banyak menggunakan otak kanan ketimbang menggunakan otak kiri.

  1. Belahan Otak Kiri

Belahan otak kiri akan mengontrol semua pergerakan tubuh bagian kanan, dimana otak kiri sangat erat kaitannya dengan logika dan naluri. Itu artinya, para professor dan para ilmuwan lebih banyak menggunakan otak kiri daripada menggunakan otak kanan.

Adapun mengenai bagian-bagian otak seperti dibawah ini :

  1. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar alias cerebrum merupakan bagian otak yang paling besar, dimana otak besarlah yang menjadi pembeda antara otak manusia dengan otak binatang. Mengenai fungsi otak besar, ia cenderung menciptakan kemampuan berpikir secara logika, naluri, kesadaran, daya ingat, dan menangkap kemampuan visual tubuh manusia. Dengan kata lain, otak besar merupakan cerminan tingkat IQ manusia.

  1. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil ini berada persis dibagian kepala belakang, serta berdekatan dengan ujung leher atas. Otak kecil memiliki fungsi seperti mengatur keseimbangan tubuh, merespon sel-sel otot, pergerakan tiba-tiba, dan mengatur posisi tubuh.

  1. Sumsum Tulang Belakang (Medula Oblongata)

Mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan bagian yang satu ini. Ya, Medula oblongata alias sumsum tulang belakang memiliki fungsi untuk mengatur pikiran otak, detak jantung, mengatur tekanan darah, denyut nadi, dan mengatur sistem pencernaan tubuh manusia.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi-fungsi otak yang jarang diketahui oleh orang-orang. Akhir kata cukup sekian, dan semoga ulasan diatas tadi bisa sedikit bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *