Gaya Hidup

Inilah 7 Fakta Sains Mengenai Pergerakan Tubuh Yang Tidak Kamu Sadari


Ada fakta sains dalam artikel sains yang menarik, yaitu soal menggerakkan tubuh tanpa di sadari alias gerak refleks. Menggerakkan anggota tubuh tentunya dilakukan dengan kesadaran yang penuh. Misalnya saat anda makan, anda menggerakkan tangan anda untuk memegang sendok, membuka mulut anda saat makanan datang ke mulut anda.

Contoh yang lainnya adalah saat anda berolahraga, seluruh gerakan tubuh tentunya berada di bawah kesadaran penuh dari diri anda. Namun, ternyata ada banyak pergerakan tubuh yang tidak anda sadari dan berikut pergerakan tubuh yang tidak anda sadari beserta penjelasannya.

  1. Mata memberi tanda saat kedinginan

Cuaca yang dingin biasanya menimbulkan reflex mengusap kedua tangan untuk memperoleh kehangatan. Tubuh kita merasakan dingin yang terasa dari kulit kita. Namun, ternyata mata juga dapat memberi tanda saat kedinginan, yaitu pembuluh darah yang terdapat pada mata anda akan menyempit, hal ini akan terjadi secara otomatis dengan tujuan untuk menghemat energi.

  1. Telinga kanan adalah telinga yang mendengar lebih baik

Telinga merupakan indera pendengaran, dengan telinga anda dapat mendengar apa saja hal yang ada di sekitar anda. Namun, tahukah anda? Telinga sebelah kanan rupanya memiliki kemampuan yang lebih untuk mendengar dibanding dengan telinga kiri seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti bernama Sophie Scoot dari Institut Ilmu Syaraf University College London. Beliau mengatakan bahwa hal ini dapat terjadi karena telinga kanan dan telinga kiri memiliki fungsi yang berbeda. Telinga kanan memiliki fungsi untuk mendengar, dan telinga kiri berfungsi untuk memproses permintaan.

  1. Ganti Kulit

Kulit merupakan indera peraba yang kita punya. Seringkali kita merasakan jika kulit kita kering. Oleh sebab itu, biasanya kulit kita mengelupas dan kulit di bawahnyalah yang menjadi kulit baru, sehingga proses ini disebut sebagai proses ganti kulit. Kebanyakan terjadi pada bagian kaki sehingga kita tak akan menyadari proses ganti kulit tersebut.

  1. Sistem pencernaan yang menurun

Sistem pencernaan adalah salah satu sistem yang ada pada tubuh kita yang tak pernah berhenti. Namun, fungsi sistem pencernaan akan menurun saat anda berada pada keadaan yang terdesak. Contohnya saat anda dikejar deadline saat itu juga. Ketika anda dalam posisi yang terdesak dan membutuhkan kekuatan yang lebih pada diri anda, sistem saraf akan bekerja dan kemudian memompa adrenalin sehingga respirasi meningkat dan detak jantung anda juga akan berpacu lebih cepat, pupil mata anda juga akan melebar dan menyebabkan fungsi sistem pencernaan anda menurun.

  1. Tubuh bisa memprediksi cuaca

Hanya beberapa orang dapat merasakannya. Orang tersebut akan merasakan sakit pada sendinya saat hujan akan tiba. Sebuah studi dari Tufts University menemukan bahwa setiap penurunan suhu sekitar sepuluh derajat, banyak yang mengatakan bahwa nyeri lutut Osteoarthritis mereka semakin parah.

Para peneliti percaya bahwa tekanan udara mampu menstabilkan dan memobilisasi persendian pinggang sehingga perubahan tekanan udara akan mengubah kondisi persendian. Peneliti juga berspekulasi bahwa penurunan suhu dapat mengubah kekentalan pada cairan sinovial (cairan lengket yang dilepaskan oleh membran sinovial dan bertindak sebagai pelumas untuk sendi dan tendon). Tekanan udara yang menurun dapat mengakibatkan peningkatan rasa sakit.

  1. Pupil mata dapat menunjukkan perasaan anda

Anda pernah jatuh cinta? Siapa sangka pupil mata anda akan melebar secara otomatis ketika seseorang yang anda sukai lewat di depan anda. Pupil mata yang melebar rupanya juga berhubungan dengan psikologi seseorang. Pupil mata akan membesar saat anda melihat seseorang atau sesuatu yang menurut anda menarik dan menyenangkan, sebaliknya, pupil mata anda juga akan menjadi kecil saat anda melihat seseorang atau sesuatu yang kurang anda suka atau bahkan yang anda benci.

  1. Penciuman berpengaruh pada memori masa lalu

Jika dipikir, tak ada hubungan antara indera penciuman dengan memori masa lalu. Namun, saat anda mencium suatu aroma yang sama persis dengan aroma yang pernah anda hirup sebelumnya, otak anda akan bekerja. Kenangan-kenangan masa lalu yang berhubungan dengan aroma tersebut akan membuat anda mengingat kejadian apa kala itu, dan akan membuat anda mengingat masa lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *