Kesehatan

Ini Dia 4 Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Insomnia

diagnosis awal penyebab insomnia

Apakah kalian masih ingat dengan sebuah lirik lagu dangdut yang isinya seperti ini, Jika sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang. Ya, itulah sepenggal lirik dari lagu Begadang milik seorang pedangdut legend yang bernama H. Rhoma Irama. Begadang atau yang sering kita sebut dengan Insomnia, merupakan sebuah kondisi dimana seseorang sangat sulit untuk tidur dimalam hari. Seperti yang sudah disebutkan pada lirik dangdut tadi, bahwa kebanyakan bergadang bisa membuat tubuh kita akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya kita membuang kebiasaan buruk begadang. Lantas, bagaimana cara mengatasi insomnia? Nah, bagi anda yang mengidap penyakit insomnia, berikut dibawah ini ada 4 cara paling efektif untuk mengatasi insomnia :

  1. Jangan Meminum Kopi Dimalam Hari

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung zat kafein, dimana zat tersebut dapat merangsang jaringan syaraf sehingga seseorang akan tetap merasa bugar dimalam hari. Itu sebabnya, mengapa kopi ini selalu diminum oleh para pekerja yang lembur hingga malam hari. Apabila anda tidak ingin terkena insomnia, maka hindari meminum kopi saat dimalam hari.

  1. Berendam Air Hangat

Berendam atau mandi air hangat juga merupakan salah satu, yang bisa membantu anda untuk terhindar dari kebiasaan begadang. Berdasarkan dari sebuah hasil penelitian, berendam di air hangat dapat membuat otot-otot menjadi rileks sehingga tubuh pun mulai terasa mengantuk. Namun, anda tidak boleh terlalu berlama-lama berendamnya, dikarenakan takut ketiduran didalam bak mandi.

  1. Hindari Gadget Sebelum Tidur

Menurut hasil studi yang dilakukan di negara Inggris pada tahun lalu, sekitar 60 % masyarakat Inggris    terkena insomnia, akibat efek radiasi dari gadget dapat membuatnya menjadi sulit tidur dimalam hari. Maka dari itu, ada baiknya jika anda tidak memainkan gadget sesaat sebelum tidur.

  1. Jangan Tidur Disiang Hari

Insomnia banyak dialami oleh orang-orang yang pengangguran, dimana mereka tidak memiliki aktivitas di siang hari. Itu sebabnya, mengapa mereka akan tidur disiang hari dan aktif dimalam hari seperti seekor kelelawar. Jika anda ingin menormalkan kembali sirkulasi tidurnya, usahakan jangan sampai tertidur disiang hari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 4 cara paling efektif untuk mengatasi Insomnia yang disadur dari dokterbabe.com. Nah, bagi kalian yang terkena insomnia, cobalah keempat cara diatas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *