Kesehatan

Ini Dia 3 Jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Asam Urat Tinggi

Tingginya angka kolesterol dan asam urat, merupakan hal umum yang sering terjadi pada orang yang usianya diatas 40 tahun. Adapun beberapa gejala asam urat seperti rasa nyeri pada sendi dan otot, yang disertai dengan pembengkakan di jempol kaki. Jika dilihat dari gejalanya, penyakit asam urat ini sangat mirip dengan penyakit rematik, dimana kedua penyakit tersebut kerap menyerang orang-orang yang umurnya diatas 30 – 40 tahun.

Terlepas dari hal itu, asam urat sangat erat kaitannya dengan kolesterol. Semakin tinggi kolesterolnya, maka akan semakin tinggi juga asam uratnya. Yang lebih gawatnya lagi, peningkatan angka kolesterol juga akan memicu penyakit stroke, jantung, diabetes, dan darah tinggi. lantas, bagaimana cara menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada 3 jenis makanan yang dapat menurunkan angka kolesterol dan asam urat tinggi :

  1. Sayuran

Terdapat beberapa jenis sayuran yang dapat menurunkan asam urat tinggi, seperti daun seledri, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Berdasarkan dari hasil penelitian, sayuran-sayuran hijau tersebut juga mampu menurunkan kolesterol yang tinggi. Dengan mengonsumsi jenis-jenis sayuran tersebut secara rutin dan teratur, maka asam urat dan kolesterol dalam tubuh anda akan terus berkurang.

  1. Buah Apel

Bisa dipastikan bahwa semua orang di dunia ini sangat mengenali buah yang rasanya manis dan lezat bernama apel. Ya, baik apel warna merah dan warna hijau, kedua apel tersebut sama-sama memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol dan asam urat yang tinggi. hal ini dikarenakan buah apel, mengandung asam malat yang mampu menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Yang lebih hebatnya lagi, kandungan antioksidan pada buah apel mampu menangkal radikal-radikal bebas di dalam tubuh.

  1. Buah Alpukat

Jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi adalah buah alpukat. Buah yang satu ini memiliki kadar gula rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi meski dalam porsi yang banyak. Buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi. Itu sebabnya, mengapa buah alpukat kerap dilibatkan dalam program diet.

Itulah 3 jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat yang tinggi. Mengingat keterbatasan waktu yang tersedia, kita akhiri dulu perjumpaanya sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *