Otomotif

Hati-Hati Saat Modifikasi Motor Yamaha Bagian Bodi, Bisa Kena Denda 250 Juta

Melakukan modifikasi motor yamaha dengan mengubah bodinya menjadi salah satu cara terbaik bila ingin mendapatkan motor dengan tampilan yang lebih menawan. Hanya saja anda musti hati-hati dengan tata aturan saat anda hendak melakukan penggantian bodi. Meski bodi tidak masuk dalam kategori yang dilarang oleh undang-undang sebagaimana perubahan dimensi, mesih dan daya angkut yang dilarang. Mengganti bodi tidak diperbolehkan sampai mengganti warna motor.

Syarat Utama Penggantian Bodi

Syarat utama bila anda ingin mengganti bodi motor yamaha dengan yang lainya adalah bodi harus tetap mencantumkan persyaratan teknis yang laik jalan. Beberapa hal yang harus tetap ada adalah kaca spion, klakson, lampu utama, knalpot, pengukur keceoatan, pemantul cahaya, kedalam alur ban dan beberapa hal lainya. Jika anda menghilangkan salah satu bagian itu, anda bisa dikenai pidana dengan jenis pidana kurungan maksimal 1 tahun bulan atau denada hingga 250 juta rupiah.

Yang perlu anda ingat, meski penggantian ban tidak sepenuhnya dilarang, perlu anda perhatikan soal pemasangan penggantian bodi haruslah kuat. Hal ini demi menjamin keselamatan dan keamanan pengendara. Jika tidak anda bisa terkena pidana denda hingga 500 juta rupiah. hal ini tercantum dalam pasal 279 UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah pergantian bodi tidak boleh mengubah warna dasarnya. Jika yang tertulis di STNK adalah merah maka anda harus mengubahnya dengan warna merah pula. Pokoknya ikuti warna yang tertulis di STNK, jika tidak anda akan kena pelanggaran. Atau kalau anda mau mengganti warna, silakan ganti pula STNK anda mengikuti warna motor anda setalah anda memodifikasinya.

Jadi mulai sekarang anda tak perlu ragu bila anda ingin mengganti bodi karena berbagai alasan, mungkin anda ingin memodifikasi motor yamaha anda, bodinya rusak atau lainya. Yang penting anda ikuti dua persyaratan di atas. Hal tersebut agar Anda bisa aman dalam berkendara, dan juga mematuhi peraturan yang ada, sehingga tidak menyalahi aturan. Selamat berkendara dan selalu dalam keadaan safety.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *