Kesehatan

Cara Mengetahui Tanda Siklus Menstruasi Yang Normal

5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intim

Memang setiap wanita yang sudah mengalami puber atau sedang puber pada umumnya akan mengalami yang Namanya menstruasi, walaupun demikian, tidak semua perempuan mendapat haid setiap bulan. Yang terkadang siklus menstruasi selalu datang tepat waktu ada juga yang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu terkadang membuat bingung di sebagian kalangan wanita yang mengalami permasalahan ini.

Kenapa Menstruasi ini Bisa Terjadi Pada Wanita

Hal ini terjadi karena terjadinya peluruhan lapisan dinding Rahim sehingga terjadilah perdarahan yang keluar dari vagina. Memang hal ini terjadi ada beberapa proses yang akan dialami oleh wanita. Singkatnya induk telur akan melepaskan sel telur yang akan menempel di dinding Rahim yang menunggu untuk dibuahi oleh sperma, sembari menuggu dibuahi jaringan ini akan terus menebal guna untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi kehamilan. Dan jika ini berhasil dibuahi akan berkembang menjadi bakal janin, dan sebalikna jika ini tidak dibuahi, jaringan dinding Rahim ini lambat laun akan mulai rontok dan luruh, sehingga akan dikeluarkan lewat vagina. Dan siklus menstruasi setiap wanita tidak selalu sama.

Mengetahui Siklus Menstruasi Yang Normal

Untuk singkatanya, dan untuk umumnya siklus menstruasi normal rata-rata akan terjadi di setiap 28 hari, tidak kemungkinan ada juga yang memiliki siklus haid sekitar 25 hingga 35 hari dan ini mash terhitung kedalam normal. yang memang ini masih kategori menstruasi yang normal dan teratur dimulai 23 hari atau setiap 35 hari jadi tidak perlu hawatir. Dan menstruasi normal berlangsung antara tiga hingga tujuh hari. Dan ada fase ovulasi atau yang disebut masa suburnya wanita yang akan datang di hari ke-14 terjadi di pertengahan siklus, jika masa subur ini terjadi dan tidak dibuahi akan tiba dalam empat belas hari kemudian. Dan untuk wanita yang memiliki siklus yang normal akan mengalami menstruasi sebulan sekali dengan total 11 hingga tiga belas kali.

Mentruasi Normal Bisa dilihat Dari Beberapa Ospek Juga Seperti

  1. Warna Darah

Untuk warna darah yang normal umumnya akan bewarna merah terang seperti buah ceri ranum, walaupun demikian akan bervariasi warna antar wanita lainnya sehingga akan terhitung dari tingkat kekentalan atau volume darah. Untuk warna merah terang akan terjai di hari pertama dan kedua mentruasi, dan di hari terakhir akan berubah kecoklatan.

  • Lamanya Waktu Haid

Untuk normalnya, seorang wanita akan menstruasi selama tiga hingga tujuh hari. Walaupun demikian ada beberapa wanita yang hanya mengalami haid selama dua hari saja, itupun tergantung dari banyak atau tidaknya darah yag dikeluarkan dan jika itu terjadi selama dua hari biasanya darah yang dikeluarkan akan banyak, dan jika menstruasi tidak kunjung usai memang disebabkan dengan beberapa faktor, seperti penggunaan pil KB, adenomisis dan lainnya.

  • Keputihan

Ini juga bisa menjadi tolak ukur untuk kalian yang ingin mengetahui siklus menstruasi kalian apakah normal atau tidak. Keputihan sendiri diprouksi oleh leher Rahim yang akan terjadi pada masa subur, dan cairan keputihan yang keluar menjelang haid yang normal bewarna putih jernih atau bening, teksturnya kental dan lengket dan tidak bau.

  • Gejala Haid Yang Terjadi

Untuk gejala yang norma di siklus menstruasi berupa, perut seperti kembung, mengalami kram pada perut bagian bawah dan punggung, mengalami kesulitan untuk tidur, payudara terasa sensitive, timbul jerawat, ngidam makanan hingga perubahan pada mood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *