Teknologi

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

7 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop dengan Cepat

 Siapa sih yang saat ini tidak menggunakan gadget? Gadget adalah salah satu perangkat yang saat ini sangat populer dan dapat digunakan oleh hampir semua orang. Saat ini, bukan hanya orang dewasa, anak – anak pun sudah pandai bermain gadget. 

Gadget memang sangat berguna untuk berkomunikasi maupun mencari informasi. Saat ini, anak – anak sekolah lebih dimudahkan dengan adanya gadget karena mereka akan dengan mudah mencari informasi mengenai materi – materi pelajaran mereka.

Bagi orang dewasa, dengan gadget dan tentu saja koneksi internet, seseorang bisa mencari berita terbaru, maupun bekerja secara cepat. Oleh karena itu, gadget dan koneksi internet tidak dapat terpisahkan. 

Kita dapat memanfaat koneksi internet melalui layanan operator seluler atau layanan lainnya seperti indie home atau penyedia layanan wifi. Saat menggunakan wifi di rumah, mungkin kita memerlukan password. Namun, kita juga sering melupakan apa password.

Mungkin sebagian besar dari anda bertanya – Tanya bagaimana cara mengetahui password Wifi di laptop anda. hal ini biasa dilakukakn ketika anda lupa password yang digunakan dan akan mengkoneksikan perangkat baru.

Dalam penjelasan berikut ini, kita akan membahas mengenai cara mengetahui password wifi di laptop. Beriku adalah beberapa cara dan langkah yang bisa anda gunakan:

1. Network and Sharing Center

Cara mengetahui Pasword WiFi di Laptop yang pertama dan merupakan cara yang paling sering digunakan adalah melalui network and sharing centre. Karena melalui menu pada laptop ini sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan oleh seseorang yang masih awam.

Berikut adalah langkah dari cara melihat password wifi di laptop:

  1. Cari ikon / symbol / menu Wifi yang berada pada bagian kanan bawah pada taskbar laptop anda. 
  2. Selanjutnya, jika sudah ditemukan klik kanan ikon Wifi tersebut. Kemudian klik Open Network and Sharing Center pada kotak dialog yang muncul.
  3. Jika anda tidak dapat menemukan ikon Wifi pada taskbar, anda bisa menggunakan cara berikut:
  1. Pertama buka Control Panel.
  2. Pilih Network and Internet
  3. Lalu klik Network and Sharing Center.
  4. Jika kotak dialog tersebut sudah muncul selanjutnya klik nama Wifi yang akan kita lihat paswordnya
  5. Jika sudahmuncul jendela Wi-fi Status, Klik pada tombol Wireless Properties.
  6. Lalu jika jendela Wireless Network Properties terbuka, Pilih pada tab atau menu Security.
  7. Dan kemduian langkah terakhir untuk dapat melihat password Wifi yang terhubung dengan laptop adalah dengan klik atau centang pada bagian Show Characters
  8. Jika sudah di centang, maka akan muncul password Wifi tersebut pada kolom Network Security Key.

2. Melalui CMD

Selain cara diatas, anda juga dapat mencari tahu password wifi pada laptop adalah dengan memanfaatkan CMD pada laptop. Berikut adalah cara melihat password wifi di laptop melalui CMD:

  • Jalankan Command Prompt dengan cara klik kanan pada ikon Start Menu dan kemudian pilih Command Prompt (Admin). Atau bisa melalui Run lalu ketik cmd.
  • Setelah Command Prompt terbuka, masukan perintah “ netsh wlan show profiles “ kemudian tekan Enter.
  • Selanjutnya, ketika muncul beberapa nama Wifi atau SSID yang pernah terhubung serta tersimpan di laptop.
  • untuk dapat melihat password dari Wifi yang diinginkan, Ketik perintah netsh wlan show profil name=”Nama Wifi” key=clear setelah itu tekan Enter.
  • Terakhir, jika perintah yang anda masukkan telah benar, maka akan muncul berbagai informasi mengenai jaringan tersebut. Untuk melihat password dari Wifi tersebut anda dapat melihatnya pada bagian Key Content yang berada pada menu Security Settings.

Demikian adalah beberapa cara melihat password wifi di laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *