Otomotif

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Online

Cara Cek Masa Berlaku Pajak Motor Online

Membayar pajak menjadi salah satu kewajiban warga Indonesia yang harus di lakukan, dan memang membayar pajak sendiri bermacam-macam, mulai dari pajak penghasilan, pajak barang mewah hingga pajak bangunan dan tidak lupa pasti pajak kendaraan yang memang harus dibayar dalam waktu tertentu. Dan memang pajak kendaraan akan dilakukan di setiap satu tahun sekali, yang mana perpanjangan berupa surat kendaraan bermotor atau STNK, atau untuk mengganti plat nomer kendaraan. Dan cara bayarnya sendiri bisa datang langsung ke kantor cabang samsat terdekat rumah kalian, sehingga tidak jarang akan mengalami antrean yang Panjang.

Akan tetapi untuk dalam keadaan sekarang ini atau dalam keadaan pendemi COVID-19 yang mengharuskan orang-orang menjaga jarak dan tidak berkumpul yang mana bertujuan untuk memutus rantai penyebaran dari virus ini. Sehingga pemerintah-pun menurunkan perintah PSBB untuk dilakukan di setiap daerah. Dan juga di tengah pendemi ini orang-orang juga merasa enggan untuk keluar rumah guna untuk membayar pajak kendaraannya.

Akan tetapi untuk sekarang ini tidak perlu khawati, karena sekarang membayar pajak bisa secara online yang mana bertujuan untuk bisa bayar pajak dengan tepat waktu, dan tidak membuat orang berkumpul. Dan cara bayar pajak online dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi samsat online nasional atau samolnas yang bisa di unduh secara gratis di ponsel kalian, dengan adanya pembayaran pajak online cukup mempersingkat waktu dalam pembayaran, sehingga kita bisa bayar pajak pada saat pandemi ini dengan tepat dan bisa memutus rantai penularan dari virus yang sedang melanda dunia. Berikut ini mekanisme cara untuk membayar pajak kendaraan secara online.

  1. Kalian bisa mendownload dan menginstal aplikasi samsat online nasional di ponsel kalian yang bisa didownload di playstore atau apple store.
  2. Setelah aplikasi samolnas terinstal di ponsel kalian, kalian bisa buka aplikasi tersebut kemudian klik mulai dan lakukan pendaftaran.
  3. Setalah iitu kalian sebagai pemohon akan disuruh mengisi data di kolom yang tersedia antara lainnya berupa, nomor polisi, NIK, dan lima digit nomor terakhir di rangka kendaraan kalian, lalu klik dan lanjutkan.
  4. Selanjutnya system akan memproses data yang kalian masukan tersebut selama kurang lebih dalam satu menit, sehingga jika data yang kalian masukan sudah benar dan terverifikasi  oleh system, maka akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besran pajak yang akan harus kalian bayar.
  5. Lalu akan muncul kode bayar yang akan berlaku selama dua jam saja untuk proses pembayaran.
  6. Dan untuk pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau channel pembayaran lainnya yang sudah disarankan oleh aplikasi tersebut kalian hanya perlu memilihnya sesuai dengan yang kalian punya, dan akan dikenakan sebuah biaya untuk administrasi sebesar Rp 5.000 saja.
  7. Setelah itu kalian akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang akan berlaku selama tiga puluh hari.
  8. Sehingga kalian akan mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang akan dikirim oleh samsat melalui jasa ekspedisi, ke alamat kalian yang sesuai dengan apa yang tertera di STNK kendaraan kalian.

Perlu digaris bawahi, samolnas sendiri hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan saja dengan keterlambatan pembayaran pajak tidak lebih dari setahun, dan untuk channel pembayarannya seperti BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank dan e-commerce Tokopedia. Kalian bisa melakukan konfirmasi ke call center samsat setempat jika alamat yang ada di STNKtiddak sesuai dengan alamatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *