Bisnis dan Keuangan

Bunga Kredivo vs Jayindo, Ini yang Paling Rendah!

https://lh6.googleusercontent.com/_3v2Zt6fMhbTnSlmyJ4Hdw3YhRHHdIFoH8TQfZD0A_ep4QodHJSiSOP0al2L4G9kud6xq_DbRob3PQjo38NRIN86QkNkqRMFziN_o_AWDVOihdPOVtUNsbpltzvSxAPUffGk6qEU

Kadang-kadang nama produk pinjol cepat cair dan mudah berbeda dengan nama aplikasinya seperti Jayindo yang memiliki nama aplikasi SolusiKita di Google Play Store. Pinjol yang sudah terdaftar di OJK dan anggota AFPI ini merupakan salah satu fintech yang memberikan pinjaman secara online seperti halnya Kredivo.

Lalu apa bedanya dengan Kredivo? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbandingan suku bunga serta persyaratannya. Kedua poin tersebut merupakan hal yang paling krusial sekaligus fundamental yang kerap ditanyakan oleh calon debitur. Berapa sih bunganya, dan apa saja sih persyaratannya?

Bunga Kredivo vs Jayindo

Bunga Kredivo boleh dikatakan dalam jajaran fintech yang memberikan bunga terjangkau kurang dari 3% per bulan. Bunganya adalah sebesar 2.6% per bulan dan flat. Sehingga jika kamu mau mencicil barang selama 3 bulan bisa dengan mudah mengkalkulasikannya.

Bagaimana dengan Jayindo, di dalam website resminya disebutkan bahwa bunga pinjaman sebesar 3% perbulan dengan tenor 3-12 bulan dan semua dilakukan secara online mulai dari pendaftaran hingga pencairan dananya.

Namun yang agak membingungkan justru dalam simulasi perhitungan pinjaman individunya disebutkan tidak ada bunga melainkan biaya admin sebesar 24% untuk tenor cicilan selama 91 hari atau 3 bulanan. 

Supaya lebih jelas mari kita simulasikan berapa besar bunganya per bulan jika jumlah pinjamannya sebesar Rp1 juta. 

KredivoJayindo
Bunga bulanan2.6%3%
Besaran bungaRp26.000 per bulanRp30.0000

Untuk belanja online menggunakan Kredivo sebenarnya tidak ada lagi biaya admin. Tetapi, khusus untuk pengajuan pinjaman tunai baik itu pinjaman mini dan jumbo lewat aplikasi Kredivo akan dikenai biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong satu kali di muka. 

Sementara untuk Jayindo untuk perhitungan pinjaman perorangan memang tidak ada bunga tetapi biaya admin yang tinggi. Sementara untuk pinjaman perusahaan di Jayindo dipatok bunga 2% dan biaya admin sebesar 3% untuk tenor cicilan selama 3 bulan.

Syarat pinjaman Kredivo vs Jayindo

Lewat website resminya tidak ada persyaratan khusus yang ditetapkan oleh Jayindo bagi calon debitur. Untuk perorangan minimal berusia 21 tahun ke atas maksimal 55 tahun, berkebangsaan Indonesia, serta memiliki penghasilan yang stabil setiap bulan.

Untuk Kredivo sendiri paling tidak, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Syaratnya adalah berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Kredivo memberikan pinjaman tunai hingga Rp3 juta untuk member basic dan pinjaman hingga Rp30 juta untuk member premium. Perbedaan tersebut juga mempengaruhi dokumen persyaratan yang harus disiapkan. 

Keuntungan lain yang diberikan oleh Kredivo adalah layanan transaksi yang diberikan di lebih dari 1.000 merchant di seluruh Indonesia. Artinya tidak semata hanya memberikan fitur produk pinjaman semata. Transaksinya pun tidak hanya online saja, kini Kredivo bisa digunakan secara offline dengan metode scan QR Code atau menggunakan barcode seperti dompet digital lainnya. 

Contoh merchant yang sudah melayani secara offline seperti McD, Electronic City, Erafone, Best Denki bahkan IKEA untuk belanja furniture idaman. Jika tertarik dengan kelebihan yang diberikan oleh Kredivo, unduh aplikasinya secara resmi lewat Google Play Store atau App Store, Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *