Kesehatan

Berapa Sih Kadar Normal Dari Asam Urat Dalam Tubuh Kita? Ini Dia Penjelasannya

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa istilah asam urat itu adalah sebuah penyakit. Perlu kalian ketahui, asam urat adalah senyawa alami yang dihasilkan dari dalam tubuh. Apabila kita bisa mengatur dan memelihara kadar asam urat normal, maka hal itu bukanlah masalah. Lain lagi ceritanya jika kadar asam uratnya meninggi, maka akan menimbulkan penyakit ginjal yang disertati dengan penyakit rematik asam urat. Ya, kasus itu juga sering disebut dengan istilah gout (bahasa medis). Terlepas dari semua hal itu, asam urat tercipta dari proses penguraian zat purin yang berasal dari makanan dan minuman. Setelah itu darah akan membawa zat purin tersebut ke organ ginjal, yang nantinya akan disaring. Nah, sisa zat yang tidak berguna untuk tubuh akan di buang dalam bentuk urine.

Apabila tubuh kita memproduksi asam urat yang berlebihan, maka ginjal pun tidak akan mampu menahan beban tersebut. Alhasil, kadar usam urat akan menumpuk yang menyebabkan pengkristalan pada bagian otot-otot dan sendi. Itu sebabnya, mengapa para penderita asam urat tinggi akan mengeluhkan rasa sakitnya di bagian otot dan sendi. Zat purin sendiri terdapat pada beberapa jenis makanan seperti daging merah, jeroan sapi, daging sapi, kacang-kacangan, minuman beralkohol, hati ayam, dan sebagainya. Lantas, berapakah kadar normal asam urat yang seharusnya kita miliki? Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini.

Lakukan Tes Urine

Dalam melakukan tes urine, anda harus mencatat waktu saat buang air kecil dipagi hari. Pasalnya, hal ini bermanfaat untuk menandakan waktu pertama dalam pengumpulan urine selama 24 jam. Anda tidak perlu menyimpan urine yang pertama. Simpanlah urine yang kedua dan seterusnya selama seharian penuh. Tuangkan air kencing tersebut kedalam kantong plastik yang sudah diberikan pihak laboratorium, kemudian bawa sampel urine tersebut ke laboratorium untuk diteliti lebih lanjut lagi. Apabila angka tesnya menunjukan 250 – 750 mg, maka kadar asam urat dalam tubuh anda dipastikan normal. Apabila angkanya melibihi dari angka yang dimaksud tadi, maka kadar asam urat dalam tubuh anda sedang tinggi.

Demikianlah ulasan mengenai kadar normal asam urat yang harus dimiliki oleh tubuh kita. akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *