Uncategorized

Beberapa Tips Simple Untuk Mengobati Batuk dan Pilek Yang Wajib Dicoba

7 Cara Mengobati Batuk dan Pilek dalam Semalam

Kondisi cuaca saat ini memang sedang tidak bersahabat, sehingga banyak orang yang menderita sakit batuk disertai pilek. Tentu saja kondisi tersebut dapat menghambat aktifitas bagi para penderitanya. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara mengobati batuk dan pilek secara alami. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Bagi kamu yang sedang menderita batuk dan pilek, maka sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Mengapa demikian? Pasalnya, air putih ini dapat membantu dalam melegakan hidung yang tersumbat serta mampu melembabkan tenggorokan. Dengan memperbanyak minum air putih, tentunya kamu tidak akan terlalu menderita saat menghadapi pilek dan batuk. Selain air putih, kamu juga bisa mengobatinya dengan meminum jus buah, air jahe, dan teh hangat. Pada intinya, kamu tidak boleh meminum yang mengandung kadar gula tinggi maupun minuman yang beralkohol. 

2. Menghirup Uap Hangat

Tips simple kedua yang bisa kamu coba untuk mengobati batuk dan pilek, yakni dengan menghirup uap hangat. Berdasarkan dari hasil penelitian, sensasi uap hangat ini dapat membantu dalam mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan. Dengan begitu, kamu pun bisa mengeluarkan dahaknya lebih mudah lagi. Selain itu, menghirup uap hangat juga dipercaya dapat melemaskan saluran hidung yang bengkak lho. Lantas, bagaimanakah cara pengerjaannya?

Pertama-tama, siapkan baskom lalu isi dengan air panas. Setelah itu, posisikan wajahmu pada permukaan panci dengan jarak sekitar 5 cm. Tutup kepalamu dengan menggunakan handuk, agar uap hangatnya tidak menyebar kemana-mana. Dalam hal ini, biarkan hidungmu terkena uap hangatnya selama 1 – 2 menitan. 

3. Penuhi Asupan Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang harus kamu ketahui, yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika kamu dalam kondisi batuk dan pilek, maka kadar vitamin C dalam tubuh akan menurun cukup drastis. Itu sebabnya, mengapa orang yang sedang sakit sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin C. Dengan meningkatnya sistem imun tubuh, tentu saja dapat mempercepat dalam proses penyembuhan tubuh melawan pilek dan batuk. Adapun mengenai beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jambu aer, tomat, strowberi, pepaya, paprika, jeruk, lemon, belimbing, pisang, kiwi, brokoli, dan lain sebagainya. 

4. Perbanyak Istirahat di Rumah

Jangan pernah menganggap remeh penyakit batuk dan pilek, sehingga kamu masih tetap memaksakan diri untuk beraktifitas. Soalnya, penyakit batuk dan pilek ini dapat menular dengan mudah melalui udara saat kamu sedang berbicara, batuk, dan bersin. Nah, jika kamu masih tetap beraktifitas, maka besar kemungkinan orang-orang yang ada disekitarnya akan tertular penyakit tersebut. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, beraktifitas dalam kondisi sakit ini justru akan semakin memperburuk kesehatanmu lho! Oleh karena itu, ada baiknya jika memperbanyak istirahat agar proses penyembuhannya lebih cepat. 

5. Mengonsumsi Madu

Tips alami berikutnya yang harus kamu coba untuk mengobati batuk dan pilek, yaitu dengan mengkonsumsi madu. Dalam hal ini, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi madu sebanyak 1 sendok makan pada pagi hari dan malam hari. Dengan begitu, maka penyakit tersebut akan berangsur-angsur mereda hingga sembuh.

Itulah beberapa tips alami yang harus kamu coba untuk mengobati batuk dan pilek. Apabila sakitnya terus berlanjut, sebaiknya periksakan dirimu ke dokter terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *