Tempat Wisata

Anambas, Pulau Tropis Paling Menawan di Perbatasan Malaysia

Source: travel.kompas.com

Sebagai orang Indonesia yang hidup di iklim tropis, kita sangat beruntung karena tidak perlu pergi jauh ke luar negeri untuk merasakan liburan di pantai dengan nuansa tropikal. Di Tanah Air, sudah tersedia pulau-pulau tropis yang beberapa diantaranya bisa disambangi. kamu hanya perlu memesan tiket pesawat domestik ke pulau-pulau tropis tersebut.

Salah satu pulau tropis yang bisa kamu kunjungi adalah Kepulauan Anambas yang ada di Laut Natuna atau sebelumnya dikenal dengan nama Laut Cina Selatan, tepatnya masuk dalam wilayah administratif Provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan yang berbatas dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Vietnam ini disebut-sebut sebagai pulau tropis terbaik yang ada di Indonesia bagian barat. Bahkan pada tahun 2012 CNNGo menobatkan Kepulauan Anambas sebagai pulau tropis terbaik di Asia mengalahkan kandidat p[ulau tropis terbaik lainnya seperti Similan dan Koh Chang di Thailand, Halong Bay di Vietnam, dan Langwaki di Malaysia. Banyak traveller yang akhirnya menyandingkan kepulauan ini dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan Maladewa.

Kepulauan terpencil yang berada di antara pulau Kalimantan dan Malaysia ini dikeliling perairan berwarna gradasi biru muda dan hijau dengan tingkat kejernihan yang sangat baik. Sangking jernihnya, kamu bisa melihat kehidupan di dasar laut pada kedalaman tertentu. Di dasar laut yang lebih dalam, terdapat hamparan terumbu karang yang dihuni ikan-ikan kecil nan cantik, sehingga membuat Kepulauan Anambas jadi destinasi yang sangat disukai bagi pecinta free diving, scuba diving, dan snorkeling. Kepulauan ini memiliki spot menyelam yang cocok untuk pemula atau berlisensi.

Di pesisirnya, terdapat pantai-pantai eksotis dengan pasir berwarna putih dan halus. Dengan pesona yang menakjubkan tadi, ditambah dengan suasana pulau tropis yang hangat, membuat kepulauan ini jadi destinasi yang disukai oleh turis mancanegara.

Sama halnya dengan Raja Ampat, kepulauan yang terbentuk menjadi kabupaten sendiri sejak tahun 2009 ini pulau-pulau menawan yang beberapa diantaranya bisa disambangi. Salah satunya Pulau Bawah di Desa Kiabu, Distrik Siantan Selatan. Pulau yang disulap menjadi kawasan resort mewah ini memiliki daratan hijau yang indah dan laguna dangkal yang sangat cantik. Lalu ada pula pulau lainnya yang tak kalah menawan seperti Pulau Penjalin, Pulau Piugus, Pulau Berhala, Pulau Selai, Pulau Penjalim. Pulau Dayang. Pulang Tongkat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya lautnya saja yang menawan, Anambas juga punya air terjun yang sangat indah. Namanya Air Terjun Temburun yang ada di Desa Batu Belah, kecamatan Siantan. Air terjun ini memiliki 7 tinggkat yang membuat setiap debur air yang terjatuh di sana terlihat indah. Lalu jika naik ke tingkat ketujuh, kamu bisa melihat lautan Anambas, lengkap dengan laguna yang sangat menawan.

Sayangnya, pesona pulau tropis terbaik di Asia ini kurang pamor di negeri sendiri. Popularitas Anambas masih kalah jauh dengan destinasi terkenal seperti Bali, Raja Ampat, Gili Trawangan, kepulauan Komodo, atau Derawan. Mungkin karena pulau ini sangat terpencil di tengah lautan sehingga membuat namanya kurang terdengan di negeri sendiri. MeskipuĀ  begitu, jumlah wisatawan yang datang ke sini tidak bisa dibilang sedikit, bahkan cukup banyak turis asing yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Jadi kalau kamu ingin merasakan bagaimana serunya liburan di pulau tropis di Asia sekaligus membantu meningkatkan popularitas kepulauan Anambas, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sini saat libur panjang. Untuk sampai di Anambas, kamu bisa mencari tiket pesawat di reservasi.com menuju Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Pulau Bintan atau Bandara Internasional Hang Nadim di Pulau Batam. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan laut menggunakan kapal. Hanya saja, operasional kapal-kapal yang menyebrang dari Bintan ke beberapa pulau di Anambas tidak terlalu banyak. Jadi kamu harus rajin mencari informasi terntang jam operasional kapal-kapal tersebut.

Terlepas dari cukup sulitnya akses untuk menuju Anambas, Kepulauan ini sangat layak untuk menjadi destinasi wisata unggulan karena memiliki pesona yang layak disejajarkan dengan destinasi kelas dunia seperti Maldives. Dengan cuaca tropis yang menghangatkan, Kepulauan ini pun memiliki potensi yang sangat besar untuk disukai para turis asing dari negara barat.

Makany, tidak perlu berlama-lama lagi. Ayo buat rencana liburan ke pulau tropis terbaik di Asia ini dan rasakan pengalaman liburan yang menyenangkan di salah satu pulau terluar di Indonesia ini. Jangan lupa, pesan tiket pesawat di reservasi.com agar kamu bisa mendapatkan penerbangan yang nyaman dengan penawaran harga terbaik.

Belum cukup sampai di situ, reservasi.com pun menyediakan hotel-hotel di berbagai destinasi wisata menarik yang tersebar hingga ke luar negeri yang juga bisa kamu pesan dengan penawaran harga terbaik. Jadi, pengalaman liburan kamu pun akan terasa lebih mudah, hemat, dan menyenangkan tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *