Kesehatan

Alat Pengukur Tekanan Darah Manual


Manfaat dari alat pengukur tekanan darah pastinya tidak asing bagi kita, saat ini dengan mudah kita temukan alat pengukur tekanan darah tersebut, seperti yang kita tahu bahwa alat tersebut ada yang manual dan ada yang sudah menggunakan digital. Nah kali ini saya akan berbagi yang manual, diantaranya yaitu:

  1. Tensimeter Manual Jarum

Alat pengukur tekanan ini yaitu dengan menggunakan monitor jarum. Alat ini tentunya hampir sama dengan tensimetr raksa. Akan tetapi untuk alat yang satu ini dilengkapi dengan menggunakan jarum penunjuk skala yang sudah dilengkapi dengan menggunakan katup. Untuk tekanan yang keluar dari katup tentunya akan membuat jarum bisa bergerak serta kemudian menunjukan angka tetenrtu. Untuk bentuk selang dan regilatornya tentu hampir sama dengan menyerupai tabung gas LPJ. Akan tetapi untuk penggunaanya tetap saja memerlukan skil atau keahlian khusus. Karena untuk membaca jarum serta skala tentunya tidaklah jauh berbeda. Paling mudah jika kita membaca angka jadi.

  1. Tensimeter Air Raksa

Selanjutnya yaitu tensimeter air raksa yang merupakan sebagai salah satu alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah dengan melihat penurunan air raksa yang ada pada tabung berskala. Tensimeter ini juga bisa digunakan bersama dengan menggunakan stetoskop untuk bisa lebih memudahkan serta menentukan kapan jantung bisa memompa darah dan kemudian kapan jantung bisa beristirahat.

Memang untuk alat ini terlihat kurang praktis serta juga membutuhkan ketelitian dan juga  pengalaman yang memang cukup dalam dengan menggunakan alat tersebut. Namun kebanyakan yang ada di klinik dan dirumah sakit serta tempat pelayanan untuk kesehatan yang lainya justru model ini tersebut banyak digunakan.

Ini mungkin disebabkan oleh karena harganya yang lebih murah. Selain itu juga untuk pengalaman serta penggunaan yang sudah cukup lama, sehingga ini juga sudah merasa nyaman untuk memakainya. Padahal jikalau kita bandingkan dengan tensimeter dari digital akan terlihat lebih jauh.

Nah itulah alat pengukur tekanan darah yang tentunya bisa Anda gunakan untuk mengukur tekanan darah yang Anda dan juga keluarga Anda yang menggunakan cara manual. Beli juga alat kesehatan lainnya seperti timbangan digital atau termometer untuk di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *