Olahraga

5 Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Dalam Olahraga Yang Perlu Diketahui

Sesi pemanasan atau pendinginan penting sekali dilakukan dalam olahraga. Hal ini memiliki tujuan untuk membuat kondisi tubuh supaya menyesuaikan pada beragam gerakan dalam olahraga. Mengenai urutan yang benar dari semua tingkatan didalam olahraga yakni pemanasan, peregangan ringan, membangun kekuatan, serta pendinginan.

Akan tetapi tidak sedikit orang acapkali melupakan salah sebuah dari beberapa tahapan itu. Sedangkan, tiap-tiap tahapan mempunyai fungsi khusus, termasuk sesi pemanasan serta pendinginan. Bila Anda ingin mendapatkan faedah olahraga secara optimal semestinya jangan pernah melupakan salah satu fase itu. Sebenarnya apa sih manfaat pemanasan dan pendinginan dalam olahraga itu?

Pemanasan bermanfaat untuk menyiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga, baik secara mental ataupun fisik. Sedangkan pendinginan bermanfaat untuk memulihkan tubuh ke dalam keadaan semula, seperti pernapasan, metabolisme tubuh, dan detak jantung. Berikut 5 manfaat pemanasan dan pendinginan dalam olahraga.

  • Meningkatkan Aliran Darah pada Otot

Sebelum kegiatan olahraga berat dimulai adalah hal utama untuk tubuh Anda buat menjalankan penyesuaian, seperti menambah aliran darah ke otot, meningkatkan reaksi pengeluaran energi, dan menaikkan pernapasan. Jadi lakukanlah dulu pemanasan kira-kira beberapa menit sebelum Anda mulai melakukan olahraga sebab akan bermanfaat untuk memperoleh faedah olahraga secara optimal.

  • Mengurangi Resiko Cedera

Pemanasan yang ideal umumnya dijalankan selama 5-10 menit. Hal ini bermanfaat untuk menambah kegiatan fisik dan suplai darah ke otot. Di samping itu, pemanasan juga bisa menambah performa dan menurunkan risiko cedera. Fungsi lain dari menjalankan pemanasan yakni mengurangi taraf ketegangan pada otot dan menyiapkannya untuk menjalani kegiatan berat. Sementara itu fungsi pendinginan yakni menyediakan waktu buat tubuh Anda guna menjalani proses pemulihan.

  • Manfaat Psikologis

Tak cuma berguna untuk fisik semata, pemanasan sebelum olahraga terbukti berpengaruh baik secara psikologis. Menjalankan pemanasan dapat menjadikan mental dan fokus seorang atlet bertambah sebelum mengikuti sebuah pertandingan. Pemanasan pula bermanfaat untuk mengontrol rasa gelisah dan panik ketika bertanding.

  • Stres dan Kelelahan

Guna pemanasan sebelum olahraga ialah mengurangi kelelahan pada jantung dan otot serta menurunkan tingkat stres.

  • Mencegah Cedera

Menaikkan suhu tubuh lewat proses pemanasan bisa menyebabkan otot menjadi semakin fleksibel sehingga kemungkinan cedera dapat dikurangi. Cedera pada jaringan lunak umumnya dialami sebab tidak menjalani proses pemanasan secara baik.

Sedangkan, faedah pendinginan setelah berolahraga adalah menunjang memperkecil risiko kaku dan kram serta bisa menurunkan risiko pingsang atau pusing sesudah berolahraga.
Nah, demikianlah 5 manfaat pemanasan dan pendinginan dalam olahraga. Tiap-tiap tahapan dalam berolahraga mempunyai manfaat dan fungsi penting tersendiri maka dari itu sebaiknya selalu melakukan seluruh fase dalam olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *