Kesehatan

5 Cara Menguatkan Persendian

Tiap-tiap gerakan yang dilakukan setiap hari, seperti berdiri, duduk, mengangkat, menoleh, membungkuk, dan malah berbaring pun  dikontrol oleh persendian. Sendi yang sehat memudahkan Anda untuk bermain olahraga, melompat, berjalan, berlari, dan melakukan beberapa hal lainnya yang ingin Anda lakukan. Bagaimanakah cara menguatkan persendian agar mudah dalam beraktivitas?

Sendi merupakan hubungan diantara dua tulang dalam tubuh kita. Jaringan ikat halus di ujung tulang dan tulang rawan menjadi bantal sendi yang menunjang kita bergerak dengan mudah dan lancar. Sendi pun berperan menjaga tulang dengan menghindarkan mereka bergesekan satu sama lainnya.

Anda harus memelihara sendi dengan baik untuk melindungi sendi tetap sehat dan menghindari masalah sendi dimulai dari sejak usia muda. Berikut ini terdapat beberapa cara menguatkan persendian yang bisa Anda lakukan untuk melindungi sendi Anda agar tetap sehat.

  1. Menjaga berat badan sehat

Menjaga berat badan yang proporsional merupakan rahasia untuk sendi yang sehat. Berat badan berlebih bisa menambah kemungkinan menderita masalah sendi. Kegemukan mengakibatkan kemampuan kerja bantalan sendi lebih berat. Akibatnya sendi akan menjalani mudah aus. Hal ini menaikkan risiko Anda mengalami osteoarthritis, yaitu masalah persendian yang sangat  umum terjadi.

  1. Latihan untuk memperkuat sendi

Olahraga secara rutin menunjang menguatkan otot-otot dan ligamen sendi di sekitarnya sehingga menjaga mereka dari kerusakan dan malah menyebabkan tulang semakin kuat. Melakukan olahraga pun bisa menunjang pengurangan berat badan yang pula menurunkan tekanan dan ketegangan pada sendi.

Beberapa jenis latihan cardio, seperti bersepeda, berenang, dan berjalan sangat membantu menguatkan sendi serta tulang. Latihan ini dapat Anda lakukan selama 30 menit dalam waktu 5 hari seminggu.

  1. Menguatkan otot di sekitar sendi

Perlu untuk menguatkan beberapa otot di sekitaran sendi Anda guna menjaga sendi dalam kondisi terbaik. Otot yang kuat di kaki dan tangan akan mengurangi stres dan tekanan pada sendi yang banyak digunakan. Hal ini pula akan menunjang sendi dukungan yang semakin baik.

  1. Pemanasan sebelum berolahraga

Anda penting menjalani fase pemanasan sekitar 10 menit sebelum Anda mulai melakukan olahraga. Sebuah fase singkat pemanasan menunjang menambah peredaran darah Anda yang menyiapkan sendi dan otot untuk olahraga yang akan dilakukan nanti.

Pemanasan malahan menambah kelenturan sendi membuat sendi Anda bisa bergerak dengan berbagai gerak. Gerakan pemanasan pula berguna meregangkan ligamen dan sendi serta tendon di sekitaran otot itu.

  1. Menjaga postur tubuh dalam posisi  baik

Postur mengarah pada posisi/kedudukan tubuh. Postur tubuh yang bagus menempatkan sedikit ketegangan dan mendukung otot dan ligamen ketika Anda memindahkan atau melakukan suatu aktivitas. Sementara itu sikap tubuh yang buruk bisa membuat otot pegal di kaki, lengan, punggung, leher, nyeri dan kekakuan sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *