Ibu dan Anak

4 Manfaat Utama Olahraga Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan menjadi salah sebuah taraf yang penting sekali untuk pertumbuhan buah hati anda. Maka dari itu, seorang ibu hamil disarankan untuk merawat kesehatan diri dan janinnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga. Bolehkah selama masa kehamilan seorang ibu hamil berolahraga?  Apakah manfaat utama olahraga selama masa kehamilan?

Seorang ibu hamil sangat dianjurkan melakukan olahraga selama masa kehamilannya dengan beberapa ketentuan. Berdasarkan suatu riset terbaru dengan melakukan olahraga secara teratur selama hamil, risiko bayi menderita darah tinggi akan berkurang sesudah ia tumbuh dewasa nanti. Di bawah ini beberapa manfaat utama olahraga selama masa kehamilan.

  1. Menangkal stres dan tekanan

Kehamilan adalah masa yang amat melelahkan. Namun dengan melakukan olahraga secara teratur, ibu hamil bisa dengan gampang melakukan aktivitas sehari-hari mereka dengan keadaan yang prima. Pasalnya olahraga bermanfaat untuk melancarkan kemampuan kerja sistem kardiovaskular.

Saat beberapa otot tubuh Anda semakin kuat, Anda akan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan mudah. Bila Anda seorang wanita karir, olahraga malah menjadikan Anda semakin giat dalam bekerja. Meski begitu Anda pun mesti cermat memilih jenis olahraga yang akan dilakukan nanti. Tetapi, bila dokter menganjurkan Anda untuk tidak melakukan olahraga sebaiknya taatilah sarannya.

  1. Tidur dengan nyenyak

Wanita hamil umumnya mengalami sulit untuk tidur sebab postur tubuhnya yang berubah. Dengan olahraga yang Anda lakukan maka Anda akan tertidur pulas dengan mudah sebab tubuh Anda telah letih.

  1. Tubuh menjadi lentur

Tubuh Anda akan menjadi lentur merupakan salah sebuah faedah penting dari berolahraga. Anda tentunya akan menjalankan pemanasan dan peregangan tubuh sepanjang melakukan olahraga. Disamping itu, peredaran darah dalam tubuh pun akan berlangsung tanpa hambatan.

  1. Memudahkan saat persalinan

Bila tubuh Anda lentur dan kuat maka Anda akan dengan mudah menjalani tahap melahirkan. Anda mesti mempunyai stamina dan kekuatan yang cukup untuk melewati fase itu dengan lancar.
Nah, demikianlah 4 manfaat utama olahraga selama masa kehamilan. Walaupun belum ada riset yang mengatakan kalau olahraga bisa memudahkan proses persalinan, data sudah membuktikan jika ibu yang sehat secara fisik bisa menjalani proses persalinan dengan nyaman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *